Wedangan Pakdhe Untung, Cafe Tiga Ceret Khas Solo di Tangerang

Kadang-kadang aku heran, yang namanya angkringan nasi kucing di daerah Tangerang tuh ruameeeee terus. Kayaknya uda mau nyama-nyamain Jogja ato Solo, meski kalo dari segi harga masih murah angkringan di Jogja-Solo kemana-mana. Masalahnya angkringan di Tangerang ini klo uda buka satu, pesti di kemudian hari ada yang buka lagi. Dan kok ya selalu aja ada yang beli. Ga cuma satu dua sih, tapi banyak, bawa rombongan (seringnya sih bujang-bujang, kalo ga ya bapak-bapak—> walau judulnya cuma ngupi-ngupi ganteng ato nyusu jahe yang penting esensi ngumpul-ngumpulnya. Mungkin karena suasananya nikmat dan selaras dengan dompet wong cilik.

Salah satu angkringan di Tangerang yang terbilang rame dengan variasi menu yang enak-enak adalah Wedangan Pakdhe Untung, Cafe Tiga Ceret Khas Solo. Lokasi persisnya di daerah Jatiuwung , Pasar Kemis, Tangerang yang kalo pagi menjelma sebagai eperan bengkel. Jadi angkringan ini mulai siap-siap mengais rejeki di jam-jam magrib tepat setelah bengkel tutup.

1487344209356

1487344762046

Dikelola sendiri oleh Pakdhe Untung beserta 2 orang rekannya (kalo prediksiku sih masih sodara), angkringan ini menawarkan menu spesial rica-rica ayam yang cukup berbeda dari angkringan di Tangerang lainnya. Bedanya dimana? Menurut aku sih di rasa pedes merica yang menggigit serta pasnya tingkat kematangan si ayam. Rica-rica ini dijual dalam bentuk tum-tuman kertas minyak, yang kalo udah maleman dikit pasti langsung ludes. Saranku sih biar kebagian, mending datang sore-sore. Jangan harap dapet kalo kalian dateng di atas jam 20.00 WIB. Tapi kadang musim-musiman jyga sih, kalo pas beruntung yang supplier rica-ricanya nyetok, tapi kalo pas engga ya siap-siap gigit jari.

Yang spesialnya lagi dan selalu dicari adalah susu jahenya. Minuman ini dituang dari cerek-cerek besar yang dijerang panas-panas dengan suasana lampu yang remang-remang. Biasanya Pakdhe Untung menanyakan terlebih dahulu mau diminum versi panas atau pakai es. Kami sih demen esnya. Soalnya lebih seger en bisa ngobatin pedesnya rica-rica. Uda gitu gelasnya jumbo lagi.

1487344188337

Selain susu jahe, alternatif minum lainnya ada kopi jahe, teh jahe, es jeruk, jeruk panas, maupun teh manis panas dan es teh. Nah, paling-paling terenak kedua setelah es susu jahenya ya es jeruknya. Seger karena pake jeruk asli.

Nasi kucingnya sendiri standar ya. Ada yang model tumis kacang-panjang pedes, ada yang model teri jengki pedes, bahkan kadang ada pula yang dimodel bandeng atau tongkol. Semuanya enak. Cuma kalo menurutku porsi nasinya mulai agak dibanyakin sih sehingga satu tum-tuman aja uda bikin kenyang.

Selain itu lauk-pauknya pun bervariasi. Mulai dari kepala ayam, baceman tempe dan tahu, sate telur puyuh, sate kulit, sate ati, sate usus, ampela, sate keong sawah, gorengan (bakwan, tahu isi, martabak tahu, risol), bothok tahu, sampai jajan pasar kayak bugis, kue potong, pisang goreng, klepon, bolu kukus, dll. Lengkap !!!

1487344691186

1487343516316

1487343765530

Aku sendiri paling suka nyobain kepala ayam gorengnya. Ga tau kenapa rasanya beda aja ama yang di tempat lain. Di sini, ayamnya lebih gurih en gede-gede, mungkin karena yang dipotong jenis ayam pedaging kali ya. Uda gitu kulitnya juga melimpah dan rasanya gurih, bahkan kadang ada yang dibalut tepung sedikit, jadi ada sensasi kemriuk-kemriuknya rrrr #langsung inget kolestrol…#terus pura-pura amnesia.

Kalo lagi khilap, setelah ngambil kepala yang penuh lemak itu, biasanya aku juga nambahin martabak tahu buat ditaroh di lambar (piring kecil alias tatakan minuman). Si martabak tahunya ini enak deh. Di dalemnya ada irisan cabe jadi praktis ga perlu pake ceplusan lombok cengis ijo lagi. Pernah, kapan hari aku nekad bikin sendiri, tapi hasilnya zonk dong ga seokay yang ada di angkringan ini hahahhaa…

Kalo Pak Suami sukanya ngambil rica-ricanya. Biasanya nyampe tambah 2 tum-tuman. Nasi kucingnya juga sih, aku ngambil satu aja udah huareeeg, Beliau nambah 2 bungkus, wkwkwkw. Uniknya di sini konsep nasi kucingnya beneran kayak ga sekedar ungkapan semata karena porsinya mirip ama porsi pakan kucing. Melainkan beneran ada kucingnya juga. Jadi tuh ada 1-2 ekor kucing, kadang dateng yang jantan kadang dateng yang betina (bermata satu), buat sekedar meramaikan suasana dan mengeong minta disisihkan tulang, meski aslinya mereka liar sih. Jahaha..

1487344138553

1487343820702

1487343859383

Tapi walau makannya kadang diribetin kucing, toh kami ga pernah kapok buat mampir lagi dan lagi. Doalnya harganya bersahabat gitu ama kantong. Kira-kira biasanya ngambil nasi kucing 3 bungkus, kepala ayam 2, susu jahe 2 kalo ga es jeruk, lauk pauk misal sate ati, sate puyuh, gorengan, sampe rica-ricanya ya paling banter Rp 30 ribu.

Wedangan Pakdhe Untung

Cafe Tiga Ceret Khas Solo

Jatiuwung, Pasar Kamis, Tangerang

 

Advertisements

14 thoughts on “Wedangan Pakdhe Untung, Cafe Tiga Ceret Khas Solo di Tangerang”

  1. wah jadi laper banya, murah lagi dan beragamm eemmmmm liat satenya kagak nahan, mamang jadi pengen cepet makan hehehe.

    salam kenal mba gusti dari mamang blogger depok.

    Like

  2. Saya salah fokus dengan kucingnya. #eh Kalau lagi makan di warung tenda saya juga suka iseng-iseng ngasih cuilan kulit atau tulang ayam… hehe. Salam kenal, Mbak…

    dari Siska yang sekarang perutnya kemrucuk gara2 lihat foto di atas.
    *otw ke dapur

    Like

    1. Hallo siska, salam kenal kembali ya, makasih udah mampir blog acak adutku ini ahhahahaha

      Iya, di angkringan kucing-kucing liar pada ikutan pesta tulang, aku suka kasian kalo cuma ngeang ngeong duank, akhirnya takempanin sekalian itu kucingnya hihihi πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜€πŸ˜„

      Like

  3. Aku ngiler sama sate kerangnya. Duh tapi kok ya jauh ya di Tangerang. Hicks…. Ga mau buka cabang di Jakarta Timur ya? πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s