Soto Betawi H. Mamat

Gara-gara buka youtube terus liat youtuber yang spesialis kuliner lagi ngiming-ngimingin Soto Betawi H. Mamat, aku dan Pak Su pun berangan-angan kalo suatu hari nanti mau nyobain makan di situ #anaknya gampang banget kepengaruh emang, wkwkwkkw.

Jadi pada suatu siang setelah puas berkelana di pulau kapuk, akhirnya bangun-bangunperut udah meronta-ronta pengen diisi. Kebetulan karena hari Minggu adalah jatahnya libur masa nasional (buatku red), makanya Pak Su berinisiatif mengajakku ke Soto Betawi H. Mamat yang cabang Ruko Boulevard, Gading Serpong Blok AA 4 No. 23.

1490072973410

1490072670680

Lucunya adalah sebenarnya kami belom engeh kalo ruko warung makannya sebelahan dengan mal terkemuka di bilangan BSD. Uda gitu kan tempatnya masuk di kawasan ruko-ruko kuliner lainnya, nah kami sempet terkecoh ama kede soto sebelahnya yang tulisannya lebih gede, ekekekke. Kalo bukan karena jeli, mungkin kami malah jadinya masuk ke toko sebelah. Haha.

Oh ya, berdasarkan obrolan di banyak forum, konon karena saking ramenya, kede ini bisa ampe kehabisan dagangan pas siang-siang. Wah, kaget juga, soalnya kan kami datengnya jam 2 an siang malah hampir jam 3 sore. Wkwkwkkw. Tapi alhamdulilah rupanya, dewi fortuna masih berpihak pada kami sehingga meskipun ramenya kanmaen, kami masih dapet jatah 2 porsi soto nan legendaris itu.

Kede Soto Betawi H. Mamat cabang Boulevard, Gading Serpong ini berdiri di atas ruoo 2 lantai yang bercat hijau. Di bagian depan ada gerai otak-otak yang kalo abis dibakar, seiringnya bakal dijadiin menu opsi pada meja-meja pelanggan. Di samping itu ada pula gerai es podeng, yang mana aku tertarik beli (kalo ga salah inget harganya Rp 10 ribuan deh). Es podeng ini ditata sedemikian cantik dalam gelas-gelas plstik berisikan mutiara pink, es krim, alpukat, kacang tanah goreng, potongan roti, ketan hitam, juga guyuran susu coklat. Pas buat siang yang terik.

1490072506981

1490072718729

1490072752993

1490072782986

1490072833771

1490072804524

1490072584820

1490072631177

Aku sendiri waktu itu harus cepet-cepet nyari bangku karena kebetulan emang suasananya yang always rame. Nah, mungkin karena inilah hawa mendadak jadi hot karena memang yidak terpasang pendingin AC untuk lantai bawah. Tapi ya it’s okay lah, demi menuntaskan rasa penasran kami pada soto betawi yang terkenal udah kemana-mana ini.

Adapun menu utamanya terdiri dari soto, sop, maupun oseng. Nah yang uniknya lagi adalah, pelayanannya yergolong cepet banget karena begitu tamu masuk, langsung ditanya dengan sigap, mau soto, sop, atau si oseng tadi. Bedanya apa? Sop itu beningan, kalo soto baru buket alias pekat karena basicnya santen. Varian isinya ada 2, daging sapi atau daging mixed suiran ayam beserta jeroannya seperti iso dan babat. Sementara itu, oseng terdiri dari oseng ayam maupun oseng daging sapi. Karena kami tertarik dengan oseng daging sapi, makanya kami pilih yang itu aja. Terus ga lama kemudian, 2 mangkok kuah beserta 2 piring oseng dalam porsi jumbo udah tersedia di meja. Gila kilat banget hahhahaha.

1490072921692

1490073322444

1490073147563

Oseng daging ini terdiri dari potongan daging sapi yang lumayan tebel-tebel, campuran jeroan, irisan bawang merah, irisan tomat, cabai cengis atau cabe hijau yang biasa buat ceplusan gorengan yang disebar bagai ranjau. Serius cabe irisnya banyak banget. Kadang ngerasa asem tenan deh klo sampe ngegigit itu cabe wkwkwkkw. Cara makannya adalah dipadu dengan kuah santen kentel yang warnanya kuning keemasan pekat. Bisa ditambah dengan acar mentimun, sambel rawit, emping, kerupuk, atau rempeyek. Suka-suka lah wkwkwkw. Nah, kalo nasinya menurutku teksturnya agak pera ya. Mungkin sengaja dibuat begitu karena yang pera kerasa lebih nikmat jika dipadukan dengan kuah-kuahan.

Rasanya sendiri cukup strong ya. Karena padanan santan kentel ama daging yang lumayan bikin kaget. Maksudnya kalo diliat sekilas sih, satu piring keliatan ga gede-gede amat porsinya. Tapi, setelah dihayati pelan-pelan, wow, ternyata banyak juga irisan dagingnya. Uda gitu tebel-tebel pula wkwkwkw. Tapi over all sedap sih, seger karena pas banget kami lagi kelaperan.

1490073078522

1490073029123

1490073263705

Harga oseng per porsinya dikenai Rp 30 ribu. Sedangkan minumnya karena kami pesan es teh manisjadi dikenai Rp 5000. Belom nasi ama tambahan kerupuk kalo ada. Menurutku lumayan mahal sih untuk ukuran soto-sotoan. Tapi not bad lah. Sebanding ama kualitas daging yang irisannya gede-gede.

Soto Betawi H. Mamat

Ruko Boulevard, Gading Serpong Blok AA 4 No. 23.

Buka : pagi-siang

.

Advertisements

21 thoughts on “Soto Betawi H. Mamat”

  1. Mbak, nanti kalau ke sana lagi boleh titip minta tolong tanyain resepnya nggak? hahaha… saya juga belum kesampaian pingin nyoba soto betawi yang kenamaan ini. Kalau ada resepnya lumayan lah bisa nyoba2 dulu… >.<

    Like

  2. Ini inetku yang lagi lola apa gimana ya Nit, kok gambar g ada yang muncul. Tp syukur sih jadi gak mupeng2 banget walau pas baca deskripsimu sempet telen liur juga hahahaha

    Like

  3. oalaaah kamu makan yg di cabang serpong yaa.. aku pikir td yg di kelapa gading, ada jugaa.. td baru aja aku lewatin Nit. suami yg bilang ini soto betawi nya terkenal banget.. aku blm coba sih… gara2 liat ini aku jd pengeen ihhh ;p…

    apa minggu bsk makan di sana yaa.. tp yg di kelapa gading aja ;p. kejauhan kalo yg serpong πŸ˜€

    Like

  4. Aku cinta banget sama segala jenis sesotoan. Paling enak dimakan panas-panas, pake sambel 3-5 sendok. Hihihiii. Mbul tamnpilan blognya baru yaaa? Cakep tapi tulisannya kalo aku agaka kekecilan, gedein dikit dooong πŸ˜€

    Like

  5. awawawaw.. malem malem baca tentang soto ini jadi ngileeer.

    berkat reviewmu nit aku jadi kepengen juga nih mampir ke sanaaaa! aduh…. kayaknya sltk ya emang enak bangeeet ya. kuahnya sama isiannya banyaaak!

    Like

  6. Ji mamat emang juaraaah yaa mbuul. Aku nyobainnya di kedai atau warung yg lama, masih lurus lagi dari posisi yg ini mbul. Bikin mau balik lagiiiii mbul…
    sehat terus yaa mbul bumiil…

    Like

  7. Salah nih buka ini pas lagi puasa
    huah

    Di sini juga ada di daerah tomang.
    Eh tapi bentar nunggu adzan maghrib dulu.

    Ehhh bumil?
    Sekian lama ga main kesini πŸ˜€
    Baru tau kalau mbak nita bumil kwkwwkw
    *telaat

    Like

  8. Oooh soto betawi itu pake santen? Aku belum pernah makan soto pake santen, mungkin rasanya mrip dengan kare kali ya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s