Dawet Ireng Jembatan Butuh

Ga ada habisnya klo aku bicara tentang minuman khas dari kampung halaman Pak Su yang bernama “Dawet Ireng Jembatan Butuh” ini. Terletak di timur Jembatan Butuh (lebih tepatnya setelah Pertigaan Klepu) atau yang sekarang dikenal dengan Jl. Nasional No.3, Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dawet ini memang sudah cukup moncer di kalangan pecinta kuliner lokal, umumnya setelah diinfokan lewat mulut ke mulut. Coba aja kalian googling sendiri, betapa banyaknya media massa yang telah mengulasnya lantaran cukup fenomenalnya rasa dawet ini, di samping memang posisi kedainya yang cukup strategis. Karena, dia berada di pinggir jalan utama penghabisan antara batas Kebumen-Kutoarjo sehingga banyak dilalui oleh kendaraan bermotor maupun roda 4. Jadi misalkan kalian sudah melihat keramaian pada sebuah pendopo kayu terbuka yang berlantaikan semen tegel–sementara di depannya mangkal pikulan dawet, gentong, serta papan nama bertuliskan “Dawet Ireng Jembatan Butuh Pak Wagiman”, maka sudah bisa dipastikan bahwa kalian telah sampai pada salah satu warisan kuliner daerah yang legendaris itu.

1509081209316 Continue reading Dawet Ireng Jembatan Butuh

Aku Suka Nastarnya Holland Bakery !

Eh aku sering cerita ya klo cookies lebaran kesukaanku itu yang ada kejutan selainya. Selai nanas sih lebih tepatnya. Klo nama bekennya sih nastar #laaaawfff. Nah, tapi kan sering tuh, klo beli yang model toplesan suka dapet yang nanasnya secuil. Yang mana aku pasti kurang puas gitu loh… karena yang aku cari sebenarnya adalah nanasnya, wkwk. Jadi aku suka underestimate duluan klo ketemu nastar toplesan apalagi yang model toplesannya cuma plastikan, hoho…

1508779678993

Continue reading Aku Suka Nastarnya Holland Bakery !

Resep Kupat Tahu Khas Purworejo Ala Ibu Mertua

Sebagai bagian dari citizen baru salah satu kota kecil di Kabupaten Purworejo (karena Pak Su kebetulan asli sana), ada satu kebiasaan yang kini aku dapati setiap kali pulang kampung. Kebiasaan tersebut adalah masih berkutat soal makanan. Utamanya yang menjadi ciri khas dari daerah sana, seperti yang akan aku ceritakan berikut ini yaitu kupat tahu khas Purworejo. Kebetulan, kata kunci ini yang paling sering kutemui di laman statistik blog, jadi niatku sih sekalian mau bantuin kamu-kamu yang penasaran alias kepo ama yang namanya kupat tahu ini.

1508777357233

Continue reading Resep Kupat Tahu Khas Purworejo Ala Ibu Mertua

Empal Gentong Daging Sapi Ibu Susi, Perum Permata, Tangerang

Waktu itu Kabupaten Tangerang lagi panas-panasnya. Jam 12.00 WIB, matahari sedang berada tepat di atas kepala. Uda gitu perut bawaannya pingin makan yang seger-seger aja. Pas keliling-keliling seantero jagad *ups, maksudnya sekeliling kompleks, rasanya kok ya putus asa mau makan apa. Maunya sih yang belom pernah dicobain. Soalnya uda bocand kaka klo mam yang itu-itu aja.

1508741646201

Continue reading Empal Gentong Daging Sapi Ibu Susi, Perum Permata, Tangerang

Review Pondok Sangiang Jaya Seafood, Tangerang

Ngomongin seafood, biasanya rada susah ya cari tempat makan yang dari segi dompet oke, namun tetap menyajikan kualitas rasa yang jauh di atas rata-rata. Nah, kebetulan di Tangerang ada nih yang masuk kategori ini. Terlalu mahal engga, terlalu murah juga enggak. Tengah-tengah lah, cuma rasanya bisa kubilang beda dari seafood warung tenda kebanyakan, karena dia mengandalkan cita rasa ‘bumbu khas’. Semacam bumbu keluarga alias resep rahasia gitu #halah. Tapi beneran rasanya maknyus tenan. Nama tempatnya Pondok Sangiang Jaya Seafood dengan basis produk ikan-ikanan, ayam, juga seafood.

1508349440894 Continue reading Review Pondok Sangiang Jaya Seafood, Tangerang

Review Radja Sop Duren, Tangerang

 

Belom boleh makan duren sih (padahal yang memutuskan diri sendiri wkwk), tapi yang ini enak banget. Yang aku maksud di sini adalah Radja Sop Duren yang salah satu cabangnya berada di Ruko Permata Tangerang, Blok BD1 No. 3 (satu kompleks dengan Giant Permata Tangerang–lebih tepatnya seberangnya Giant). Konon, yang di Permata ini merupakan cabang yang ke-10, berarti uda lumayan banyak yes ekspansi bisnisnya.

1501660803991

Continue reading Review Radja Sop Duren, Tangerang

Review Bebek Chik, Tangerang

Halo halo halo !!

Updatenya cepet banget ya? Hihihi…maklum, lagi ngebut ngeblog sebelom bulan-bulan besok uda ada kesibukan lain *uhuk*. Ini aja dibela-belain nulis soalnya kayak ada yang kepikiran mulu klo blom publish postingan wkwk….

Nah berhubung kemaren Pak Su cerita klo boss di kantor dapet undangan mantu dari owner bebek chik, aku malah jadi inget klo blom bikin review resto ini padahal uda pernah makan di sana kira-kira satu tahun yang lalu, hahaha….Jadi mumpung ada foto plus rekomendasi makanannya juga enak, makanya kali ini aku bener-bener niatin buat ulas.

1508346914660

Continue reading Review Bebek Chik, Tangerang

Review Warung Riries, Serpong Tangerang

Lagi-lagi aku kepincut sama menu-menu khas di Warung Sunda. Kali ini sasarannya adalah Warung Riries yang berlokasi di Jl. Raya Viktor Bsd, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Mampir ke sini kebetulan pas lagi ga diagendakan alias ujug-ujug nemu gitu aja saking udah lapar dan bingungnya mau makan di mana (waktu itu).

So, udah bisa ditebak lah ya, bahwa postingan kali ini bener-bener latepost alias kejadiannya (((Busyet bahasa gue KEJADIANNYA))) udah sekitar setahun yang lalu. Karena begitu kubek-kubek foto lagi, e la kok nemu dokumentasi tentang menu makan di warung ini banyak banget. Jadi, daripada mubazir mending aku bagiin aja infonya ke kalian para pecinta kuliner khususnya untuk menu masakan Sunda biar makin mantab referensinya.

1503563557674

Continue reading Review Warung Riries, Serpong Tangerang

Serabi Pinggir Jalan

Oktober cerah ya?

Apa udah mulai gerimis tipis-tipis?

Klo iya, berarti pas banget ni buat hunting serabi. Serabinya yang original punya–bukan yang manis. Terutama yang didagangin di pinggir jalan, pake metode tradisionil alias masih menggunakan tungku. Uhhh, itu kesukaan aku banget. Karena jujur, serabi manis bukan seleraku, apalagi yang uda dicampurin aneka topping. Jadi aku masih on the track dengan serabi jadul ketimbang serabi kekinian yang ada di cafe-cafe.

1506173096769

Continue reading Serabi Pinggir Jalan