Serabi Pinggir Jalan

Oktober cerah ya?

Apa udah mulai gerimis tipis-tipis?

Klo iya, berarti pas banget ni buat hunting serabi. Serabinya yang original punya–bukan yang manis. Terutama yang didagangin di pinggir jalan, pake metode tradisionil alias masih menggunakan tungku. Uhhh, itu kesukaan aku banget. Karena jujur, serabi manis bukan seleraku, apalagi yang uda dicampurin aneka topping. Jadi aku masih on the track dengan serabi jadul ketimbang serabi kekinian yang ada di cafe-cafe.

1506173096769

Oh ya, di Tangerang sendiri, nemu serabi yang aku maksud di atas lumayan untung-untungan juga loh. Kadang dapet, kadang juga enggak. Semacam apakah pedagangnya bersifat musiman ya alias ga ngejual setiap hari? Makanya rada pesimis nih misal mau nyari pas ndilalahnya lagi pengen banget. Ya, untungnya kapan tau sempet mergokin yang jualan di area Kotabumi, deketan ama kede es teler Singkawang. Klo ga salah lapaknya persis di pinggir jalan, depannya si es teler tadi. Jadi, gelar tungku dan peralatan tempurnya di ruang terbuka gitu.

Serabi original ini terbuatnya dari campuran tepung beras plus santen kelapa. Keduanya diaduk lalu dibikin sampe encer. Abis itu dituang ke dalam leyeh-leyeh kecil yang terbuat dari tanah liat, terus ditutup biar panasnya merata juga bawahnya mateng en berobah warna, sementara atasnya tetep putih menyerupai bubur.

Baca : Es Teler Singkawang, Kotabumi Tangerang

1506172984426

1506173127552

This slideshow requires JavaScript.

Aku sendiri suka yang rada gosongan sih, biar kerasa gurihnya, jadi klo pas dimakan barengan ama putihnya tercipta kombinasi yang parfaiiiiitttt #halah :-D. Untuk harganya sendiri lumayan bikin nganga juga ya, karena beda jauh dari serabi legen yang dijual di kampung.

Jadi, ceritanya tuh aku punya langganan serabi waktu masih sekolah en stay di kampung Prembun. Nah penjualnya itu udah berujud simbah-simbah. Tiap Minggu pagi, bapak selalu nyempetin beli biar anak-anek di rumah pada hepi kan dijajanin makanan. Sekalian beli Koran, sekalian pula beli goceng dapetnya sekresek gede. Karena dulu simbahnya itu ngejual 1 bijinya seharga Rp 500 perak. Sementara yang di Tangerang ini nyampe 3 kali lipatnya alias Rp 1500, itupun bentuknya ga segede bikinan simbahnya. Sayangnya, simbah tersebut udah almarhum sih, sehingga klo aku mau nostalgia rasa serabinya ya kudu nemu yang seadanya aja yang ada di sini.

1506173040151

1506173177299

Kalian sendiri suka serabi manis apa gurih? Klo aku, teteup dong yang gurih rasa kelapa jadi pilihan. Rasanya ga ada yang ngalahin, meski di luar sana banyak bertebaran serabi kekinian, hihihi….

5 thoughts on “Serabi Pinggir Jalan”

  1. aku malah doyan serabi yang pek tipping oncom
    sama telor mb nit terus kasih cabe beh endes nian klo polosan ori gini aku ga tll doyan minimal dlu kecil aku plg suka serabi dengan toping tempe goreng hehehe buat sarapan sekolah m

    Like

  2. Samaaaa, aku jg lbh seneng serabi jadul. Kalo di sibolga, serabinya pake kuah durian nit. Dan masak serabinya sama pake wajan tanah liat gitu.. Enak kalo ada gosong2nya memang hahahaha.. Favoritku jg begitu šŸ˜€

    Like

  3. Yang jualan serabi gurih oncom/polos/telur sekitaran balaraja_tangerang dimana ya,lagi ngiler pengen serabi jadul,disini rata2 serabinya yang di cocol pake gula merah ,masa mesti pulang kampung ke sumedang duluu šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s