Soto Kwali Wong Solo, Tangerang

Halo halo halo ! Sobat kodok buntel blog, apa kabarnya? Pada sehat kan? Humb….lagi-lagi foto lama yang baru dieksekusi reviewnya sekarang #sok sibuk banget kamu Mbul (hu uh, karena eyke cuma hobi nimbun foto, tapi nulisnya ntar-ntaran aja #kepret :-D).

1508742098863

This slideshow requires JavaScript.

Well, kali ini aku mau ngomongin soal soto-sotoan nih. Salah satu kudapan khas nusantara (karena rata-rata setiap daerah punya, cuma dia beda di bumbu dan penyajian aja), yaitu S.O.T.O. Makanan berkuah ini emang paling aman klo pas beneran mentok lagi pingin makan apa, tapi ga nemu-temu solusinya. Karena jujur aja, klo bikin sendiri belum bisa secespleng buatan ibu di kampung soalnya, jadinya ya mau ga mau beli. Pernah sih satu ketika bikin, karena penasaran keknya gampang aja gitu tinggal masukin rempah-rempah ke dalem kuah, ayam ingkungan, kubis, toge, tomat…e rasanya malah membingungkan. Yawes, biar praktis ya beli aja, hihihi.

Kali ini pencarian kami bermuara di “Soto Kwali, Wong Solo” yang berlokasi di Jl. Raya Regency, Tangerang, Banten. Warung makan ini buka dari jam 09.00-22.00 WIB. Namun kami mendapatinya sekitar pukul 10.30 WIB, peralihan antara sarapan dan makan siang. Klo ga salah inget, waktu itu sku sedang dalam kondisi mual-munteh berkepanjangan (#yuknowlahfaseapa), sehingga bisa dipastikan amunisi yang bisa masuk ke perut ya yang seger-seger aja. Alias makan beratnya yang ada kuah-kuahnya seperti soto ini.

Nah, pas muter-muter kayak gasingan di sekitaran Regency, nemulah kami ama Soto Kwali. Biar ga bingung, sini aku kasi tau klo ciri khasnya itu, selain ada banner warna ijo yang bertuliskan nama sotonya, juga ada ornamen patung ular (ato naga ya) yang terbuat dari kayu di pikulan wadah kuah sotonya. Gambarnya bisa dilihat pada foto di bawah. Warungnya masuk ke ruko-ruko gitu sih, yang bersebelahan dengan banyak warung makan lainnya. Rada jembar juga meski klo siang agak panas. Tapi it’s okay lah ya, karena sajian sotonya bener-bener seger dan mampu mengobati kegersangan dalam tenggorokan ini #apa deh?

1508741813457

1508742017163

Jadi begitu masuk ke warungnya, yang bakal kamu jumpai adalah….jeng-jeng-jeng ! Lauk-pauk di mejanya dulu yes. Ada sate telur puyuh juga mendoan anget. Mendoannya always digoreng dadakan jadi ga yang jadi lembek duluan or berminyak. Karena dia selalu panas-panas kemepul setelah mentas dari papan penggorengan. Yang ini udah pasti jadi favorit Pak Su banget lah, karena tiap kali nemu ginian di meja langsung ae ditilep #wkwkwk.

Lalu, abis itu biasanya kita bakal ditawari, sotonya mau dicampur becekan ma nasi apa dipisah (karena klo ga salah harganya beda). Nah, Pak Su biasanya pilih yang campur ama nasi langsung, sedangkan aku prefer dipisah.

Ornamen sotonya sendiri hampir sama kayak soto-soto pada umumnya, paling yang membedakannya adalah daging yang digunakan plus model kuahnya. Karena Soto Kwali ini pakenya daging sapi asli dengan kuah bening (no santen). Potongan dagingnya lumayan gede-gede ya. Uda gitu, rasanya juga daging banget. Klo ayam kan uda menstrim tuh, ehew. Nah, lebih jossnya lagi klo itu kuah dicampurin ama kecap manis, plus sambel merah dengan takaran yang pas. Dijamin bikin greget pas nyruputnya….zzzz.

1508742135267

1508741930934

1508741905028

1508741963043

Perintilan lainnya paling standar sayur soto kayak kecambah, tomat, kubis, ama daun bawang. Untuk lebih gurihnya lagi, terakhiran ditabur bawang goreng yang bikin wangi soto makin semerbak. Untuk harganya sendiri, klo ga salah inget sekitaran Rp 20 ribuan sih, kurang tau klo untuk updatean 2017-nya berapa…ya paling-paling naik-naik dikit lah ! (Gustyanita Pratiwi docs)

 

 

Advertisements

11 thoughts on “Soto Kwali Wong Solo, Tangerang”

  1. hmm enyak enyakk,, apalagi ngeliat telornya ngiler bener.. aku paling seneng soto pake bumbu cabenya itu lho mba sama jeruk uuuu seger bingittt.. pengen jadinya iii

    Like

  2. Dulu pas masih ngekos di setiabudi ada yg jual jg soto daging kwali. Disajikan dlm kwali tanah liat gitu. Cm aku agak kecewa rasanya biasa aja, dan krn di kawasan setiabudi jd mahal banget 😦 . Tp di solo sendiri aku blm pernah malah nyobain soto kwali nit 😀

    Like

    1. Wah klo yg di jakarta referensi sotoku masih minim ni mb fan, di tangerang kayaknya soto banyak bgt deh ada soto kudus, soto kwali solo, soto tangkar dll, yg jarang mlh soto betawi hihi padahal aku suka soto santen dicemplungin empingnya soto betawi

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s