Soto Kudus Waroeng Ratoe, Buaran Indah, Tangerang

 

Kupikir-pikir, soto kudus di bilangan Tangerang itu buanyak juga ya macemnya. Terlepas dari seringnya aku bolak-balik ke Soto Kudus rekomendasi Pak Su yang terletak di depan Mall Tang City, ternyata di kesempatan lainnya aku juga ga begitu kesulitan menemukan kedai soto kudus dengan merek berbeda. Contohnya ya yang berada di Jl. Kh. Hasyim Ashari No.76B, Buaran Indah, Cipondoh, Kota Tangerang. Aslinya, nemu kedai ini dalam keadaan ga sengaja yaitu pada saat kami bingung mau sarapan apa di hari Minggu yang sudah menuju penghabisan pagi itu. Soalnya suka kebiasaan sih begadangin film buat nemenin Pak Su pas malam minggunya, jadi otomatis kami jadi suka kesiangan deh keesokan harinya #alesyan wkwk.

1508766550833

This slideshow requires JavaScript.

Lalu kenapa jadinya milih Soto Kudus? Lagi-lagi karena Pak Su ngerasa itu jenis makanan yang aman-aman aja buat lidah, maksudnya kalaupun ketemu yang rasanya standar, ya masih tetep bisa ditolerir sih dan ga bikin kapok buat balik lagi seperti halnya jika nemu jenis makanan lain. Soalnya kan dia bersifat kuah-kuahan, yang mana sifatnya lebih menetralkan wkwk.

Nah, ketika uda menjatohkan pilihan untuk sarapan (setengah makan siang) di sini, hal pertama yang menjadi perhatianku adalah interior kedai yang didominasi oleh perintilan beretnik Jawa. Di sisi depan, jelas ada pikulan gentong berisi kuah soto dan bahan-bahan untuk membuatnya (seperti toples berisi bawang goreng, garam, dan irisan daun bawang). Sementara itu, pinggir-pinggirnya mulai ditata menyerupai kithen set dengan aneka bumbu berwadah lucu-lucu. Semacam kayak botol-botol antik berisi bumbu-bumbu rahasia.

Beberapa hiasan wayang Punakawan juga menghias dinding kedai yang berwarna hijau. Sementara di bagian tengah mulai diisi dengan meja bangku kayu dengan piring-piring yang sudah diisi dengan aneka lauk sebelumnya seperti sate paru, sate ati ampela, telor asin, juga bacem tempe dan perkedel kentang. Untuk memberikan opsi rasa sesuai selera pengunjung, disediakan pula saos, sambal, kecap, dan garam yang sudah tersedia di atas meja. Selain itu ada pula kerupuk yang terdiri dari kerupuk putih dan kerupuk kulit sebagai pelengkap rasa dari acara nyoto.

1508766187324

1508766663902

1508766993693

1508766232812

1508766850239

1508766698115i

Karena sudah sedemikian lapar, tanpa ba-bi-bu lagi, kami langsung pesan Soto Kudusnya. Pilihannya bisa dipisah (aku), bisa pula dicampur langsung ama nasi (Pak Su). Penyajiannya lumayan cepet, karena kebetulan waktu itu suasana kedai masih sepi sehingga ga sampai 10 menit pesanan uda ada di tangan. Soto ditata dalam mangkuk kecil berbarengan dengan irisan jeruk nipis yang dipakai untuk menambah kesegeran pada si kuah (walau aku sendiri jujur ga gitu suka memakainya).

Rasa sotonya sendiri lumayan seger. Ya, khas Soto Kudus pada umumnya sih. Kuahnya kuning bening dengan aroma rempah-rempah. Isiannya suiran ayam, irisan daun bawang, bawang goreng, tauge, juga bihun. Paling sedep tuh kalau udah dikombinasiin bareng kecap manis dan juga sambel. Uda gitu dimakan pake sate ati ampela, telor asin, dan juga kerupuk. Pokoknya pas banget ngangetin perut ! Apalagi kalau ketambahan pula ama kesegaran es jeruk yang mengobati dahaga di hari yang udah mulai menuju siang itu. Beghhh ! Cucooook juga loh Bray, meski klo dalam pengamatanku sendiri seporsinya terbilang imut karena dia menyesuaikan ukuran mangkuk !

Sebenarnya ada lagi menu lain yang ditawarkan oleh kedai ini di samping Soto Kudus. Diantaranya garang asem khas Solo, ayam goreng kampung presto, dan cemilan lain macem cheestick, aneka madu, dll. Cuma menu-menu ini tidak kami pesan dikarenakan kapasitas perut cuma mampu menampung soto, egegek.

1508767022915

1508766264678

1508766752326

1508766966202

1508767043608

1508766575619

1508766512010

Masalah harga, jujur aku lupa karena waktu itu makannya udah agak lamaan, tapi untuk porsi 2 soto plus nasi, air mineral, es jeruk, kerupuk, ama perintilan lain kayak sate ati ampela dan telor asin kira-kira sekitar Rp 70 ribuan gitu deh. Agak mahal sih menurutku, cuma dengan kualitas kedai yang mayan pewe serta bersih gitu, aku kasih maklum deh buat harganya yang agak mencekek leher ehew…Gustyanita Pratiwi doc.

“Soto Kudus Waroeng Ratoe”

Jl. Kh. Hasyim Ashari No.76B, Buaran Indah, Cipondoh, Kota Tangerang

Jam buka 09.00–21.00 WIB

 

Advertisements

7 thoughts on “Soto Kudus Waroeng Ratoe, Buaran Indah, Tangerang”

  1. tiap review makanan mbak kodok ini beneran detail banget yah.. dari mulai jajanan, aksesoris, menu dan hiasan dinding… saya lho ga pede T.T

    kasi tipsnya dong dalam 1 posting mbak wkwkwk

    Like

  2. Dulu tuh deket kantor yg cab pd indah, ada warung tenda jual soto kudus. Terkenal bangtttt. Persis di sebrang mesjid pd indah. Yg makan pekerja kantoran semua. Tp setahun lalu stop jualan krn kena razia satpol pp 😦 . Aku ga tau skr dia dimana.. Kgn ih ama soto kudus nya. Enak banget. Tp ya nit, aku pwrnh makan soto kudus di kudus asli, itu tempatnya udh paling terkenal di kudus, lumayan gede jual garang asam juga. Tp soto kudusnya kok berasa manis di sana yaaa.. 😦 ga cocok ama lidahku. Apa memang soto kudus di jkt udh dimodif jd lbh gurih supaya cocok ama selera jkt?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s