Resep Lenthis Pisang/ Kopyor Pisang

Klo dipikir-pikir ibuku itu mirip ibunya Atasinchi loh. Itu loh kartun di RCTI yang suka diputer jam 8 pagi waktu tahun 90an dan tayangnya sebelum Hamtaro. Bukan karena suka nyanyi yang liriknya begini : “Mawar merah…penuh gairah…” Tapi karena prinsipnya yang penuh dengan semangat anti mubazir. Ya gimana engga, semua yang uda numpuk di dalem kulkas hampir expired, langsung sesegera mungkin direcycle wkkwkw. Termasuknya kueh. Soalnya klo di kampung halaman, besekan kenduri jaman sekarang kan bentuknya bolu-bolu tuh. Ga kayak besekan kenduri jaman dulu yang isinya nasi, sayur mateng plus lauk-pauknya. Padahal klo kataku sih enakan yang model besekan jadoel gitu, menunya variatif ketimbang bolu-boluan kek jaman sekarang. Maklumlah, kami emang ga gitu terbiasa makan roti, jadi seringnya hampir turah-turah tuh klo dapet besekan roti.

1530961387176

Nah, salah satu opsi yang paling pas buat mengakali si roti yang teronggok manja di dalem kulkas sekian lamanya itu adalah memadukannya dengan olahan pisang. Kebetulan waktu itu pisang di kebon juga lagi ranum-ranumnya, dan ndilalah ya kami ga gitu suka makan pisang jenis ini andaikata dimakan langsung. Aku lupa jenis pisangnya apaan, tapi bentuknya tuh yang gendut-gendut semlohai kayak admin blog ini #eh. Jadi postingan kali ini spesial, resep ibuku yang mengolah bolu hampir expired dicampur pisang sehingga menghasilkan olahan lenthis atau klo ga ya nyerupain kopyor minus kelapa mudanya lah (Gustyanita Pratiwi docs).

Langsung aja ya, ini dia bahan-bahan dan tahapannya.

Bahan-Bahan :

Satu sisir pisang yang hampir ndalu (keliatan bintik-bintik item di kulitnya)
Bolu/roti
Gula pasir
Air
Daun pisang untuk membungkus

 

1530961613621

1530961422580

1530961176546

1530961325386

1530961278396

1530961349934

1530961240571

Cara Membuat

Kupas pisang, rebus sebentar sampai mendidih, angkat.
Hancurkan pisang yang telah direbus dengan menggunakan sendok, campurkan dengan gula pasir, bolu dan roti, aduk rata.
Panaskan dandang atau subluk
Siapkan daun pisang, ambil adonan tadi beberapa sendok, tum daun pisang dengan lidi, kukus sampai daun pisang berubah warna
Sajikan hangat ataupun dingin

S.e.l.a.m.a.t 

m.e.n.c.o.b.a….

Advertisements

6 thoughts on “Resep Lenthis Pisang/ Kopyor Pisang”

  1. Naluri simbok2 kui nit.. yen ada yang nggak kemakan ki eman2..trus didaur ulang. 😀😀 Akupun juga sering gitu.
    Tapi gara2 ga bisa masak..malah sering nya aku sendiri yang makan.. anak2 pada ga suka kan makanan model2 jadul gitu..suamiku kadang2 aja ikut makan

    Like

  2. Keliatannya enak nih, roti campur pisang. Bikinnya juga nggak ribet ya, duh cuma cari daun pisangnya itu loh, mesti ke pasar *aku jarang ke pasar, biasanya cuma nungguin mlijo lewat hehehe.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s