Lutisan !

Klo jajan di luar itu kadang-kadang aku suka guilty pleasure deh haduuuch. Abisan klo liat yang seger-seger ya kadang aku laper mata, trus nyak-nyuk-nyak-nyuk main tunjuk-tunjuk aneka jajanan yang sebenernya murah tapi klo ditotal-total og ya bisa bikin dompet jebol #kawus ora Mbul, huh !

1531369338668

Nah, apalagi klo keliatannya jajannya seiprit ya, semisal kayak rujak buah potong yang biasanya diiderin abang-abang pake gerobak. Seplastik mika aja yang cuma berisi buah ala kadar kadang nyampe dibanderol ceban. Memang iya ada ‘ongkos nguleg-nya’, tapi kan kadang ga sebanding ama buah-buahan yang jenisnya cuma bisa diitung dengan jari. Apalagi klo casenya sedang hamil yang menurut kebiasaan orang-orang kudu ngehindarin buah nenas (muda ataupun tua ya tetep aku hindarin klo pas lagi hamidun, namanya juga jaga-jaga yekan hihi) en pepaya mengkel. Walhasil klo dua item buah yang notabene paling sedep itu dikurangin ya yang ada tinggal buah yang ya-gitu-deh, hahahhaha. Misal cuma tinggal mangga yang aceeeeemnya kan maen, kedondong (yang cenderung aku kurang suka), klo ga ubi jalar (yang jujurannya aku ga doyan, tapi anehnya di sini malah kepake buat rujak, padahal di tempatku mah dipake buat kolak). Paling yang mendingan cuma bengkuang buat seger-seger, cuma ya klo dibikin perbadingan pastilah banyakan buah yang asemnya ketimbang yang enaknya hahahhaha.

Nah, daripada kadang jengkel sendiri klo nemu rujak yang ga sesuai ekspektasi (baik dari segi harga maupun jenis buah), akhirnya pada suatu malam Pak Su inisiatif ngebeliin aku buah-buahan lengkap dengan perintilan bumbu rujaknya atau klo di tempatku biasa disebut lotis/lutis. Buahnya bisa beli banyakan dan klo dipiringin tuh udah ngelebihin kuantitas buah potong yang ada di kang rujak pinggir jalan. Bahkan bisa disimpen loh buat bikin lagi keesokan harinya. Kan lumayan ngirit ya Cuy, hihi. Apalagi buahnya juga bisa milih yang sebisa mungkin ga nyerempet-nyerempet ama pantangan ini-itu.

Jadi buahnya itu kurang lebih ada mangga indramayu, bengkuang, jambu air, pepaya mateng, juga mentimun. 4 item aja tapi klo diiris-iris tuh buanyaaaaaak beud. Paling PR-nya adalah bikin bumbunya nih yang kadang klo bikin sendiri ga segreget yang ada di kang rujak itu hahahha. Yah, ini hampir beda tipis lah setelah ditraining ama Pak Su yang urusan mengoprek dapur tu rasanya lebih endeus ketimbang aku (Gustyanita Pratiwi docs).

Langsung aja ya, ini dia bahan-bahannya :

Bengkuang
Jambu air
Pepaya mateng
Mentimun
Mangga muda

Bahan untuk bumbu rujak/lotis :

2 butir gula merah
4 buah cabe rawit (kata Pak Su sih jumlahnya genep aja biar pedeusnya ga terlalu ngegrak)
Kacang tanah goreng (sedikit aja, ntar klo kebanyakan malah kayak bumbu pecel)
Secuil terasi bakar/goreng
Garam
Bawang putih sedikiiit aja (seperempat siung)
Air

1531369465304

1531369382078

Cara membuat :

Kupas buah-buahan, cuci bersih, potong-potong
Uleg cabe rawit, bawang putih, garam, gula, terasi bakar/goreng), kacang tanah goreng
Tambahkan sedikit air, koreksi kekentalannya
Rujak/lotis siap disajikan bersama bumbu

Selamat mencoba !

Advertisements

10 thoughts on “Lutisan !”

  1. Nita, gara-gara kemaren liat foto lutisanmu di IG yang jambunya menggoda selera alhasil pak suami tak paksa nyari jambu yang kayak gitu. Untung nemu pas malem-malem dia pulang kantor tapi ya itu harganya mahal ternyata sekilo 25 ribu. Kebayang kalau di kampung kan tinggal metik sakmaremmu.

    Like

  2. Aku ga ngerti sama tukang rujak abang2 yg masukin ubi, semangka, pepaya mateng, ato melon sebagai buah rujak :p. Buatku buah rujak itu hrs mengkel dan ga lembek hahahaha. Makanya kalo beli rujak di abang2 lwt ob ku, aku tulisin semua buah yg ga boleh dicampur :p. Tp susaaaah kalo pepaya mengkal. Nth napa jarang banget nit. Kalo aju bumbu rujaknya biasa dicampur ama pisang mentah. Dikit aja. Itu nambahin sepet2 nya. Rujak di medan biasa begitu

    Like

    1. Tp klo yg lembek gitu nulung yg lg hamidun mb fan yg ga boleh mam nenas muda or pepaya mengkel. Haha
      Oh ya, dulu pas kerja di jakpus depan kantor ada tuh kang rujak yg selalu kasi buah aku bonusan #ditambahin maksudnya, soalne aku pelanggan setia gitu jd pas aku resign mungkin kang dagang depan kantor kehilangan salah satu konsumen loyalnya inih halah hahai

      Like

  3. Aku ga ngerti sama tukang rujak abang2 yg masukin ubi, semangka, pepaya mateng, ato melon sebagai buah rujak :p. Buatku buah rujak itu hrs mengkel dan ga lembek hahahaha. Makanya kalo beli rujak di abang2 lwt ob ku, aku tulisin semua buah yg ga boleh dicampur :p. Tp susaaaah kalo pepaya mengkal. Nth napa jarang banget nit. Kalo aju bumbu rujaknya biasa dicampur ama pisang mentah. Dikit aja. Itu nambahin sepet2 nya. Rujak di medan biasa begitu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s