Warung Gudeg Djogja Bu Hendro, Blok M Square

Siapa yang tongkrongannya area Blok M, cung ? Klo iya, berarti uda apal dong sama yang namanya Warung Gudeg Djogja Bu Hendro. Itu loh warung gudeg yang ada di area pintu masuk menuju ke mallnya (Mall Blok M Square maksudnya, hehehe). Pokoknya yang di depannya tempat jajaran seniman pelukis wajah/karikatur di terasnya Blok M Square (dalam artian masih sekompleks dengan depot-depot makan lainnya yang sekarang ditata lebih minimalis).

1541324084589

Aku sendiri waktu masih ngekos di daerah Jakarta Pusat, selalu ujung-ujungnya tiap weekend main ke sini nih karena di sekitar kosan minim banget yang jualan makan. Iya, meski kosanku ada di area komplek perumahan dan rukan-rukan elit, tapi yang jual makanan itu bisa diitung dengan jari. Ada satu dua, tapi itupun warteg itu deui-warteg itu deui, boceen…..yakalik lidah kan kadang pengen merasakan sensasi yang lain juga toh… jadi sekalian cuci mata juga liat buku-buku bekas di lantai basementnya, kadang aku bisa nglayap sampai ke Blok M buat sekedar cari makan, baik itu buat makan di tempat ataupun sampe dibawa pulang) #gillls bat dah, niat amat Mbul….yoyoooi.

Nah salah satu tempat makan yang bikin betah buat repeat order adalah Gudeg Djogja milik Bu Hendro ini. Warung makan yang walaupun judul utamanya berbasis gudeg, tapi yang dijual ternyata sayur-mayur dan aneka lauk-pauk lainnya dengan ciri khas masakan rumahan. Mulai dari rasa makanan Jawa (gudeg, krecek, tumis-tumisan, semur jengkol, sampai ala-ala Menado kayak tongkol suwir dan tumis bunga paya). Menu ayam dan ikan-ikanan juga lengkap. Berbagai olahan pepes maupun peda, semua ada. Pokoknya bikin bimbang tiap mau pesen dan dicidukin ama abangnya karena saking banyaknya pilihan, duileeeh.

Nah itu tadi cerita waktu masih ngekos dan selalu merasakan perasaan ngenes ketika weekend tiba karena kosan jauh dari tempat makan. Pun di situ ga dibolehin pake dapur sama ibu kosannya, jadilah aku selalu merana karena kelaparan hahahaha….mesakke timen yah.

Lain lagi waktu uda nikah en beranak-pinak gini. Memang walau tempat tinggalku sekarang nun jauh di Tangerang sana, dan itu udah pasti berkilo-kilo meter dari Jakarta Raya, khususnya Blok M, tapi kadang ga bisa dipungkiri bahwa aku kangen juga dengan suasana Blok M. Maka ga heran klo sekali-kali aku juga ngrayu Pak Suami buat ngajakin aku jalan-jalan ke sana. Bernostalgia dengan segala macam tetek mbengeknya. Ya buku bekas, ya belanja baju-baju murahnya, ya sholat di Mesjidnya yang ada di paling puncak dan sekarang uda beda banget boook, lebih tertata, dll. Termasuk pula urusan makan yang biasanya selalu kami sempatkan mampir ke Warung Gudeg Djogja Bu Hendro.

1541324328493

1541324231276

1541324301099

1541324271404

1541324084589

Nah, seperti pada kesempatan kali itu (waktu Acyiq masih 7 bulanan klo ga salah), kami akhirnya sempet jalan yang agak jauhan dikit buat cari udara segar seorang Mama Mbul yang dilanda penat berbulan-bulan ga keluar kandang setelah lairan. Maennya dibela-belain sampe Blok M boook. Mumpung Cuy, kesempatan diiyain Ndoro Kakung hihihi… tujuan sebenernya adalah cari buku bekas.

Nah, setelah berlelah-lelah hunting Majalah Bobo Bundel di salah satu lapak yang ada di lantai dasar, siangnya kami langsung meluncur menuju Gudeg Djogja Bu Hendro yang kala itu uda cukup habis-habisan (karena saking larisnya). Coba klo dateng agak pagian pasti masi banyak sayur mateng dan lauk-pauk haucek berjajar-jajar di nampan dan belanga tanah liat yang menjadi ciri khasnya wadahnya *siap dijepretin stu-atu bust kasi makan blog kuliner ini woooohooohoo*. Namun, karena uda kelaperan tingkat dewa, yaudah tetep aja kami cuz ke situ, dan untungnya menu favorit kami masih ada (walau tinggal sedikit tentu aja). Menu tersebut diantaranya tumis jantung ayam, tumis daun pepaya muda dan tongkol suwir. Sementara favoritnya Pak Suami adalah gudeg, telur pindang, semur jengkol, dan juga orek tempe kacang teri. Juga tumis kerang, cumi asin, dan sayur ijo-ijoan lainnya macem kluban atau biasa disebut sebagsi urap.

Rasanya masakan di Warung Gudeg Bu Hendro ini menurutku otentik ya. Ga tergantikan. Ada rasa-rasa ‘khasnya’. Untuk primadonanya yaitu gudeg, rasa manisnya itu pas. Manis-manis legit….karena kan ada ya gudeg di Jakarta yang dibikinnya ga selegit yang di Jogja. Nah klo yang di sini tu legitnya pas. Legit manis manteeb. Uda gitu tekstur sayur nangkanya juga lunak alias amoh. Jadi ga bikin boring buat terus nyendokin bareng nasi apalagi dicampur dengan telur pindangnya yang manis kecoklatan juga. Soalnya kan ada juga tu yang bikin gudeg, tapi sayur nangkanya masih atos, nah untuk yang di Bu Hendro ini teksturnya pas dong. Lembut di lidah, ga bikin kesiksa saat ngunyah. Uuuh, sedeeeep banget deh.

Yang lain, kayak semur jengkolnya juga pas banget di lidah, baik itu tingkat keempukannya, rasa kuah yang dominan manis, maupun porsinya yang walau bisa dibilang sedikit… klo belum puas ama porsinya, tinggal bilang aja ama abangnya suruh lebihin dikit hahaaaa.

Terus yang ga pernah absen dari request di piring kami tentu aja adalah tumis jantung ayam yang rasanya tu ga ada amis sama sekali. Suwer, ngolahnya tu pinter banget jadi bikin nagih buat pesen lagi dan lagi. Tumis daun pepayanya juga nda pait sama sekali, pun demikian dengan tongkol suwirnya yang banjir ulegan cabe kasar. Rasanya gurih nampol bikin selalu kangen di hati.

1541324184342

1541324126665

Untuk harga, beberapa kali makan di sini, dan untuk itungan 2 porsi makan dengan beberapa macam sayur dan lauk, juga es teh manis, seringnya kami kena Rp 70-an ribu sih. Ya agak mahal emang, tapi setara lah ama rasanya yang bikin pengen balik lagi dan lagi.

“Warung Gudeg Djogja Bu Hendro”
Cabang Lesehan Malam Blok M Square
Pintu Berlian 2

Advertisements

One thought on “Warung Gudeg Djogja Bu Hendro, Blok M Square”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s