Review Java The Heritage Hotel Purwokerto

“Java The Heritage Purwokerto, Menu Sarapannya Banyak dan Enak !”

Postingan latepost egeeeein pemirsa….cz ini ada kaitannya dengan rangkaian acara mudik balik lebaran kemaren #sempet-sempetnya baru ditulis sekarang, oh sungguh aku malas sekali huahahhahahha… Oke, lanjooot… Jadi kira-kira semingguan setelah lebaran, kami cabut juga menuju Tangerang via rute biasanya yakni Banyumas-Purwokerto-Brebes-Tegal-Tol Cipali yang puanjangnya kayak rasa cintaku inih padamuh lho Mas, ahzegh…

1566339195228

Nah, berhubung waktu pulkamnya uda nginap di Grand Dian Slawi, maka baliknya kami pengen nginap di tempat lain. Biar ada variasi gitu loh. Cz Grand Dian udah pernah kami cobain sebanyak 2 kali. Jadi kurang lebih udah apaaaaal ama tiap sudut-sudutnya. Maka, dari situ kami pengen cobain selain area Tegal, Slawi, dan sekitarnya. Yach itung-itung buat menambah khazanah perstaycationan ala-ala gue lah *halaaaah khazanah kata dia hahhha*.

Ga kok, gw tuh ya, kalau perkara nginap di hotel emang bukan semata karena gegayaan doang, melainkan memang kebutuhan yang sungguh sangat kefefet akibat perjalanan panjang dengan membawa bayi. Jadi buat meminimalisir kondisi ngedrop, juga anak rewel di tengah jalan, mau nggak mau kami harus nginap. Kebayang kan kalau bablaaaaas terus kayak pas masih jaman muda (sebelom ada buntut red), yang ada malah tepar semua. Klo dulu mah istilahnya ngegembel di jalan ya hayuk aja. Nginep di pom oke. Dijalanin 14-17 jam perjalanan juga iya-iya bae. Nah ini beda cerita kalau uda ada anak bayi (baca : bayinya 2 biji pulak). Jadi kalau masih dipaksa buat mudik dan diburu-buru supaya cepet nyampe, yang ada malah gw nya yang pundung duluan, soalnya bawa bayi itu rempong cyint. Dan cencuw sajaaa aku paling malas ya kalau sampai disalah-salahin utinya karena anak kecapean andaikata mudiknya nonstop digaspol ga pake mandeg huahahhaha #peace loh ya cimbah uti, muaaach ..

Oke, ini intro alasan nginap kenapa panjang amat dah.

Lanjut lagi ah.

Nah, karena pilihan nginapnya bukan area Tegal, Slawi, ataupun Brebes, maka alternatif yang tersisa tinggal daerah Purwokerto dan sekitarnya. Duh, makin bingung aja kan mau pilih hotel yang mana. Soalnya Purwokerto tu banyak tempat wisata dan kulineran kece. Jadi pasti ga salah dong kalau di situ banyak penginapan, mulai dari yang kelas melati hingga hotel berbintang 3, 4, atau 5. Sembari itang-itung sisa duit THR *EBUSENG*, akhirnya pilihan jatoh pada Java The Heritage Hotel, Purwokerto yang bintangnya 4. Habisnya kami tertarik reviewnya karena menu breakfastnya banyak. Ya tau sendiri lah, kalau masalah ngehotel pasti yang ku cari duluan adalah sarapannya. Soalnya aku tuh suka krengki kalau pilihan makanannya sedikit. Makanya, aku pengen ngebuktiin kira-kira menu makanannya sebanyak review-review apa ga ya? Sevariatif apakah gerangan ? Apakah ada makanan Indonesia, barat, dsb? Uda ga sabar menunggu pagi. Lhah tekan be durung to Mbul, haha…#sawry gw yang terlalu antusias.

1566298755805

1566296657142

1566297241832

1566296677650

1566296366931

1566296713765

IMG_7578

IMG_7577

1566296637487

IMG_7579

IMG_7585

Sore selepas asyar, kelar menuruni area jalan yang kiri kanannya pegunungan dan diramaikan oleh suara garengpung, akhirnya kami nyampe juga di pusat kota Purwokerto. Gilaaak ya ni kota, seringnya cuma lewat doang, e begitu nyampe, ternyata bagus juga. Ga sekedar bagus juga deng, tapi buagus bangettttt. Gimana ya nyeritainnya. Aku tuh suka susah muvon gitu kalau abis kunjungan ke kota-kota mana gitu yang ada di Jawa Tengah. Bawaannya pengen lamaan aja. Soalnya tipe-tipe penduduknya emang ramah banget. Welcome ama tamu. Jadi nyemedulur gitu lah. Udahannya makanannya juga murah-murah lagi. Kan syurga dunia yah, aduuuh maaf kalau bahasa gw hiperbol *efek kebawa suasana hahhahah…

Nah, sore itu, kami tiba juga di Java The Heritage yang berlokasi di Jalan Doktor Angka no.71, Purwokerto Utara, Jawa Tengah, Indonesia. Tarifnya sendiri bisa nyampe jutaan, tapi pas kami pesen kebetulan dapat promo jadi cuma kena sekitar Rp 600 ribuan.

Kalau dari luar, bangunannya itu kotak-kotak dan dia ada beberapa lantai ya. Warnanya dominan coklat. Kompleksnya sendiri menurutku cukup luas. Terbukti parkiran depannya juga lapang dan dapat menampung banyak kendaraan. Udah gitu, kalau ga salah inget depannya itu kayak semacam kantor apa gitu, cuma aku lupa kantor apaan.

Tapi kalau fasilitas umum yang ada di dekat situ sih diantaranya ada :

Ayam Goreng Tantene (78 m)

Pendopo Si Panji (1.19 km)

Stadion Satria (1.30 km)

Stasiun Purwokerto (1.81 km)

Alun-Alun Purwokerto Taman & Kebun Binatang (1.33 km)

Air Terjun Baturaden (11.60 km)

Stasiun Gombong (36.81 km

Benteng Van der Wijck (36.96 km)

Lanjut ke lobi. Begitu masuk lobby, yang ada adalah tercengang saking mewahnya. Keramiknya adem booook, pencahayaannya juga temaram sehingga menghasilkan kesan hangat dan juga energi positif. Hotelnya juga wangi amat ya.

Fasilitas Hotel :

AC
Restoran
Kolam Renang
Resepsionis 24 Jam
Parkir
WiFi

Nuansanya jawa klasik ya. Oh ya, satu point plus lagu buat ni hotel yaitu keramahtamahannya. Pada saat datang, kami disambut dengan senyum sumringah dari pihak security yang bahkan tak lupa menyapa bayi-bayi kami. Rasanya seneng banget soalnya sebagai tamu kami merasa dihormati dan dihargai. Ga tau kenapa, buatku sikap sesimpel itu udah bikin seneng.

Selanjutnya Suami lanjut check in. Aku dan si Bayi menunggu ga sampai 5 menit sih. Ya lumayan buat ngamatin segala macam panorama yang tersaji di depan mata. Pokoknya sepanjang mata memandang, yang aku rasakan sih ni hotel mevvah #asyegh. Satu dua perintilan wayang dan juga patung menghias beberapa sudut ruangan. Ruangannya juga terbilangnya luas. Ada sofa panjang untuk duduk dan baca-baca koran yang rasanya pun empuk banget, berasa pantat ga pengen cepet-cepet geser #halah hahaha…

Menghadap ke pintu kaca, terdapat bar yang bisa digunakan untuk sarana tongkrong-tongkrong. Di sini tersedia juga alunan musik piano yang dimainkan oleh seorang pianis. Jadi suasananya dibikin cukup romantis. Para tamu dipersilakan untuk merasakan welcome drink terlebih dahulu di bar ini (untuk timingnya bisa ditunggu sampai jam 23.00 WIB). Menu welcome drinknya gratis. Apakah itu berupa teh, kopi, atau wedang uwuh, silakan pilih sendiri. Jatahnya cuma secangkir sih. Tapi it’s oke lah ya yang penting kan suasananya nyaman. Welcome drink ini baru bisa kami nikmati sekitar jam-jam akhir pas mau penutupan. Becoz of whyyyy ? Ya karena menidurkan 2 bayi itu butuh waktu yang lama ya. Satu uda merem, e yang satunya masih uwiiil aja, jadi yang satunya jadi ikut kebangun deh hahhahaha…Pokoknya begitu terus nyampe Ipin Upin numbuh rambut. Jadi Mamah Papahnya baru bisa pacaran kilat di jam-jam kalong mencari nafkah ahahahaha…tentunya sambil ngawasin 2 bocil bubuk, lewat wa yang kami setting menyerupai cctv.

1566296112733

1566296542135

1566337835905

1566296192147

1566342515299

1566296112733

1566299446545

1566299293705

1566299258239

1566299170725

1566299353159

1566299215795

1566299060718

1566342572616

1566299027908

1566298997931

IMG_7460

1566337793210

Setelah check in beres, kami pun menuju kamar yang berada di lantai satu. Dari lobby, masuk ke pintu kaca yang mengarah ke roomnya. Kami pesen yang menghadap teras (bukan yang pemandangan kolam renang, soalnya kalau yang ini beda harga). Ranjangnya juga yang twin bed, soalnya ya begitulah kalau uda ada 2 anak, rempongnya kanmaen. Apalagi anak wedok, ritual boboknya kan kudu muter dulu tuh kayak gasingan. Jadi super duper lamaaaa, polah melulu, mamam deh emaknya hahhahah….Maka kami sebisa mungkin bagi tugas hahahaha….perkara malam Mama Papanya mau ena-ena itu lain cerita ahhahahaha..

Masuk ke kamar, wooow, rasanya langsung pengen rebahan Coy, saking badan rasanya pegel banget. Tapi sabar dulu ding, soalnya kami mau phota-photo buat dokumentasi blog.

Kalau yang aku amati sih, (baca : di sini gw cuma berpendapat selaku konsumen awam), kamarnya itu lumayan luas. Nuansanya coklat brownis dan di beberapa sisi ada aksen emas. Lantainya kayu. Ga pake karpet sih, tapi oke lah. Itu aja udah termasuknya mewah. Peralatannya oke semua ya, kumplit. Air mineral, toiletteries, water heater, brankas, kulkas, TV kabel, AC, lemari + hanger, sandal hotel, handuk, closet duduk, shower panas dingin lengkal. Colokan listriknya juga banyak jadi berguna banget buat kita-kita yang kalau mandeg sebentar bawaannya pengen ngecharge aja #itu gw itu gw……

Tapi kalau cemilan yang ada di dalam kulkas masih kena charge lagi sih (kalau ga salah inget). Makanya kami menfing beli cemilan banyak di indomaret/alfa luar. Biar sekalian cari makan.

Kamar mandinya bukan yang ada bathupnya sih, tapi it’s oke, ga masalah. Yang terpenting air panas dan dinginnya stabil. Maklum klo di hotel, yang paling dicari kan cebung-cebung aer panasnya yak Coeg. Biar kata mandi malem, ga bakal kuatir masuk angin.

Malam kami cari makan di luar yang ada di sekitar situ dan nemunya Rumah Makan Umaeh Inyong yang very instagrammable banget. Ntar deh aku ulas abis ini. Pokoknya makannya enak-enak dan harganya yang bikin geleng-geleng kepala saking jauh lebih murahnya dari range harga makanan di Jabodetabek.

Keesokan paginya, sebelum sarapan kami menyempatkan diri buat melihat sisi hotel yang ada kolam renangnya. Mumpung belom banyak orang jadi biar aku leluasa buat foto-foto, hihihi.

Sebelum ngeview area kolam renang, yang aku lihat ada kolam ikan koi cantik yang ada di bawah tulisan nama hotelnya. Kolamnya pake kaca bening dan didesain apik dikelilingi tanaman hias. Ikannya juga gede-gede dan warna-warni, bener-bener bikin mata fresh. Seger boook.

Kolam renangnya sendiri dia ukurannya gede ya. Ada yang khusus untuk anak kecil, ada pula yang khusus dewasa. Pas aku ke sana, sempet ngeliat juga ada ban yang bentuknya kayak unicorn, lucu deh jadi pingin nyemplung haha…. tapi ga bisa deh, soalnya ilmu renang yang eke kuasai baru seputar gaya batu jadi dengan kata lain bisa tenggelam aduuuhhhh hahaha…. Nah sementara itu, di pinggir-pinggirnya, baru ada gazebo, kursi renang panjang, dan kursi unik bulet-bulet yang cocok buat foto-foto. Sayang aku nggak sempet mengabadikan diri di salah satu kursi lucu itu mengingat nda ada yang motoin karena udah rempong sendiri bawa bayi, hahahha

1566298457225

1563809387320

1566298571470

1566298665421

1566298729424

1566337870186

1566298533446

1566298782583

1566298616797

1566298832859

1566298507998

1566343062231

1566298697593

1566298809964

Setelah puas jalan-jalan di area kolam renangnya, kami pun naik menuju restoran yang ada di lantai atas. Naiknya pakai lift jadi cepet. Begitu pintu lift bunyi ‘centring’, horeeeee pintu restonya udah keliatan di depan mata. Yawis langsung aja hajar bleh semua makanannya #kalem Mbul kaleeem…

Yang aku lihat selintasan, menu breakfastnya Java The Heritage Hotel Purwokerto ini lengkap ya. Dari Indonesian food/tradisional sampai yang internasional. Pertama area minumannya dulu deh. Barisan jar juicenya banyak euy. Ada jus jambu, semangka, mineral water, jeruk, coklat, juga susu, kopi, dan teh. Sebelahnya itu area sereal dan salad-saladan. Aku nyobain saladnya dong dan rasanya fresh banget karena bisa milih sendiri ornamen sayur/buah yang dipengengin, apakah mau pakai saus mayonaise atau mustard, silakan tentukan sendiri, every choice is on your hands halaaah.

Kalau buah potongnya standar ya. Ada pepaya, semangka, nanas dan juga melon. Nenasnya seger, aku ampe bolak-balik ngambil saking uda rindu ga makan nenas srjak hamil 2 kali berturut-turut. Buah lainnya ada pula jeruk lokal dan juga pisang. Pisangnya pisang mas yang kecil-kecil kayak yang ada di tempat kondangan itu loh.

Lanjut lagi ke stand kue-kuean. Etalase kuenya variatif dong. Dari mulai pancake, churros, assorted pastry, puding, roti potong, pie, cheese twist, roti tawar dan roti perancis, beserta aneka macam selai dan topping.

Stand telur juga ada. Telur bisa direquest apakah dibikin ceplok setengah matang, atau sebaliknya. Juga omelet. Bebaskeun !

Mengenai menu makanan beratnya. Kurang lebih yang aku lihat waktu itu adalah nasi putih, nasi goreng, dori tepung panir, ayam steam jahe, boiled potato, sausage (sosis), sawi bangkok saus bawang, bihun goreng, kue canai dan kari, bubur ayam/ikan, aneka dimsum, juga tempe mendoan.

1566298403029

1566298275208

1566298336672

1566298310730

1566298366411

1566297750771

1566298425524

1566298227254

1566298190977

1566298013603

1566298080588

1566297964320

1566297820921

1566298156401

1566297797429

1566297874500

1566297850641

1566297929530

1566297725264

1566298117513

1566344994940

1566345022095

1566297697425

1566297646771

1566297617791

1566297596057

1566297570836

1566297543374

1566297524233

1566297435329

1566297412638

1566297374321

1566297354133

1566297221312

1566297201662

1566296924249

1566297459865

1566297333792

1566297307792

1566297288515

1566297171481

1566297136716

1566297088099

1566296996047

1566297028284

1566296903978

1566296872472

1566296804685

1566296824125

1566296851735

1566296780508

1566297056997

1566297112956

1566297241832

1566296755223

1566296737889

Untuk tradisional cornernya, ada nasi uduk dengan lauk pauknya (telur pindang, orek tempe, kentang, sayur labu, kerupuk taro, dan emping), jajan pasar macam klepon, nagasari, dadar gulung, cokelat pisang, dan juga aneka jamu. Oh ya, dan satu lagi ding, bubur kacang ijo dan juga ketan hitam yang always panas karena dikasih wadah semacam pinggan/kuali dari tanah.

Pokoknya yang aku rasakan sih, menunya enak-enak. Banyak pilihan itu sih terde bestnya karena kan kalau kayak gitu otomatis bikin yang nyarap makin betah.

“Kesan-Kesan Menginap di Java The Heritage Hotel, Purwokerto”

Staff hotelnya ramah
– Hotelnya besar, bagus, dan wangi
– Kamarnya nyaman
– Dekat dengan pusat kuliner enak
– Menu sarapannya banyak (bervariasi) dan rasanya enak

Secara keseluruhan, Aku sangat puas dengan pelayanan di hotel ini. Kalau aku dari range 1-10, aku berani kasih nilai 9,5 deh. Baik hati kan aku muahaha..

Ga nyesal soalnya udah bermalam di hotel ini. Paling nyesalnya karena cuma 1 malam #kayak lagunya Melinda dong yekan, pada tau ga lagunya Melinda, sumpah ini menandakan gw uda mulai berumur, haha.

Andaikata Pak Su masih ada jatah cuti nih ya, pingiiiin deh rasanya bisa agak lamaan dikit staycationnya. Ya, 4 hari 3 malam gitu, syukur-syukur bisa nyampai ke Baturaden atau tempat-tempat wisata di sekitarnya. Maklumlah terakhir ke Baturaden itu pas aku jaman SD, ikut study tour sekolahan tempat kerjanya bapak, dan itupun aku ga samosi masuk karena terhalang ujan gede, jadi cuma gathering di pendopo aja sambil main kuis-kuisan buat anak-anaknya guru. Makanya, rasanya tuh masih penasaran banget sama yang namanya Baturaden.

Oh kapan ya aku bisa kembali ke Purwokerto. Kalau pun ada kesempatan itu, ingin deh rasanya nginap di sini lagi. SEMOGA KAPAN-KAPAN ADA LIBURAN PANJANG, AMIIIIIIN AHAHAAA (ditulis Gustyanita Pratiwi dari http://www.gustyanita.wordpress.com).

Java The Heritage Hotel, Purwokerto
Jalan Doktor Angka no.71, Purwokerto Utara, Jawa Tengah, Indonesia

5 thoughts on “Review Java The Heritage Hotel Purwokerto

  1. jiaaa fotonya banyak banget, baru baca terus scroll lagi hahah,,
    ini hotel memang mirip sama Heritage Hotel Solo kak
    cuma tampangnya dan ornamennya lebih serem disini hihihi

    Like

  2. trakhir ke purwokerto itu 2013 dan aku nginepnya di salah satu hotel yg nyarinya on spot hahahahah… untung lumayan, tp ga sebagus java heritage ini.. ini lucuuuuuk siiih, kolamnya pasti anak2ku suka.kolam ikannya juga cakeeep.

    kayaknya kalo ksana aku jg bakal stay lbh dr 2 hr deh nit. apalagi yg aku inget dr purwokerto, makanan di sana enak2 memang :D. jd kangeeeen kan…

    Like

  3. Aku juga kalo nginep hotel yang dicari sarapannya hahaha, tapi kadang pesen room only juga sih karena memang pengin cari sarapan di luar atau karena yg pake breakfast itu lumayan mihil harganya dibanding room only 😀
    Ini banyak banget ya menu breakfastnya, pasti bingung mau pilih yang mana, harus 2 malem nginep biar bisa icip2 semua haha.
    Foto2nya komplit bangeet ini, aku masih sungkan mau foto2 menu breakfast di hotel, apalagi pas rame, jadi yang aku foto makanan yang aku ambil aja biasanya *duh nggak bakat bener jadi food blogger 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s