Resep Singkong Thailand

Hallo !

Kali ini aku mau sok-sokan bikin singkong thailand nih gengs ! Maklumlah, karena sebenernya aku ini si anak singkong *Chairul Tanjung dong hihihi. Maksudnya aku suka banget sama penganan yang berbahan dasar singkong. Tapi khususon yang rasa singkongnya masih asli, alias yang teksturnya belum diblenyek-blenyek *aduh ini apa ya bahasa Indonesianya diblenyek-blenyek huehehehe… Tapi tau kan maksudnya aku itu apaan ? Ya maksudnya yang bentuknya masih singkong utuh, bukan kaya gethuk atau penganan singkong lainnya yang uda dihaluskan itu loh huahahahah…

1569817747040

Nah, berhubung mau bikin penganan singkongnya juga ga sekedar digoreng atau direbus doang, makanya kali ini aku mau modifikasikeun ke ala-ala singkong thailand, walaupun aku ga tau ini resepnya betul apa ga hahahhaha…. Maap untuk urusan masak emang aku sukanya ngawur-ngawur dikit. Terus kenapa jadinya singkong thailand? Karena tadinya kan pengen bikin cimplung biasa ya (cimplung kalau kata orang Banyumas singkong dimasak gula, manis gitu lah), tapi ternyata aku pengen nambahin ada fla-flanya yang which is ada di singkong thailand. Oke seperti apa step-stepnya !

Yuk langsung aja pantengin !

Bahan-bahan :

Singkong (usahakan pilih yang mempur ya, jangan yang kacel atau yang uda ada biru-birunya, soalnya kalau uda ada biru-birunya yakin rasanya pahit).
Santan kara (ketahuan males marut gw yak hahah).
Gula pasir/gula jawa (tapi enakan pake gula pasir sih kalau singkong thailand)
Sedikit garam
Larutan maizena
Air

1569817095068

1569817115326

1569817142273

1569817434142

1569817702016

1569817537693

1569817679886

1569817479744

1569817397870

Cara Memasak :

Kupas singkong lalu potong-potong
Cuci bersih singkong yang telah dipotong-potong di atas air yang mengalir
Rebus air
Masukkan singkong ke air rebusan
Masukkan gula pasir/gula jawa
Masukkan sedikit garam
Tunggu sampai air menyusut, dan singkong lunak

1569817719220

1569817747040

Cara Membuat Fla :

Masak santan encer, tunggu sampai mendidih
Taburi sedikit garam
Tambahkan sedikit larutan maizena, aduk-aduk sampai merata
Dinginkan sebentar
Tuangkan di atas singkong yang telah matang
Bisa disantap hangat maupun dingin

gustyanita pratiwi (www.gustyanita.wordpress.com)

Selamat mencoba !

One thought on “Resep Singkong Thailand”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s