Review Pindang Patin Pagar Alam

Kalau yang ini spesialis ikan-ikanan nih Gaes ! Namanya Pindang Patin Pagar Alam yang berlokasi di Jl. MH. Thamrin No.130, RT 002/ RW 001, Panunggangan Utara, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten. Ancer-ancernya itu di seberangnya RS Awal Bross Tangerang (yang daerah Cikokol-Kebon Nanas pasti tau nih lokasinya dimana). Pokoknya kalau udah deket-deket Awal Bross, kalian tinggal lihat aja ke arah seberangnya, nah di situlah dia berada.

1489216622643

Continue reading

Oleh-Oleh Khas Kebumen

Sebagai orang asli Kebumen (bagian pinggir lebih tepatnya), kayaknya aku belom terlalu eksplore makanan khas Kebumen ya di blog ini ? Aduh, maafkan, karena emang tiap kali mudik ke kampung halaman, aku jarang banget hunting oleh-oleh. Lha ya gimana, oleh-olehnya biasanya udah disiapin langsung ama bukmer yang mana diambil dari sisa-sisa kue lebaran, jadi ya bisa dibilang ga khas-khas banget lah ya… Soalnya tipe-tipe kue lebaran kan macam kacang bawang dan jajan kiloan. Jadi jauh dari tipe-tipe makanan khas.

Dulu sih waktu masih gawe di Jakarta, H-1 sebelum balik, sering tuh aku mampir ke pasar buat beli satu dua snack macam lanting-lantingan buat dibagi-bagi ke temen kantor, tapi sekarang begitu udah resign, kayaknya ga sempet beli banyakan. Takutnya cuma mubazir dan ga kemakan hiks….

1569834986818

Continue reading

Review Pondok Asinan Muncul

“Asinan Prapatan Muncul daerah Puspitek yang Mau ke Arah Gunung Sindur”

Empat tahun mengemban studi di Bogor, nyatanya tahun-tahun terakhir aja aku baru mengenal yang namanya asinan *sungguh katrok sekali diri ini* Ya maklum, khazanah perkulineranku jaman gadis dulu terbilang masih minim. Soalnya anaknya pengiritan as olwaaaays ahahhahaha…

Nah, tapi kali ini aku ga akan ngomongin asinan dari tempat asalnya Bogor, tapi justru melipir sejenak ke asinan yang ada di daerah Tangerang Selatan, lebih tepatnya Pondok Asinan Muncul. Ancer-ancer lebih jelasnya di sekitar prapatan Muncul, daerah Puspitek yang mau ke arah Gunung Sindur.

1569601213377

Continue reading

Review Sop Kaki Kambing Irwan, Jalan Barito

Wah September pecah telornya cuma satu postingan, hiks…..maafkan karena bulan ini kurang produktif. Tapi karena aku ada stok foto lama jadi terselamatkan deh blognya hahahhaha…. Eh tapi sebenernya ga lama-lama banget ding. Soalnya aku ke sana juga masih sekitaran bulan Agustus 2019. LebIh tepatnya pas mampir ke blok M buat cari majalah bekas. Nah, karena sebelomnya belom sarapan, jadi kami mampir dulu buat makan siang.

1569630908362

Continue reading

Umaeh Inyong, Kuliner Purwokerto

Setelah lega karena berhasil membooking hotel di Java the Heritage, Purwokerto, ba’da magrib, perut kami mulai terasa keroncongan. Maklum saja, perjalanan panjang dalam rangka mudik balik ini memang biasa dihantui oleh rasa lapar yang teramat sangat akibat malas mencari tempat makan on the spot yang belum tentu enaknya. Jadi, mumpung udah dapat hotelnya nih, yaudah, malamnya kami putuskan untuk berwisata kuliner saja di dekat-dekat hotel.

1566569576816 Continue reading

Sate Partorono, Pituruh

“Ciri khasnya, satenya itu tidak ditusuk-tusuk loh…”

Sate Pituruh adalah salah satu kuliner wajib yang akan diperkenalkan Pak Su waktu mudik kemarin. Konon katanya, satenya ini udah melegenda sejak beliau masih kecil sehingga memiliki nostalgia tersendiri yang kala itu, beliau sering ditraktir oleh Bapak Mertua. “Pokoknya kamu harus nyobain deh Mbul, itu tuh satenya enak banget. Dagingnya gede-gede. Puas aja makan di situ. Biasanya tuh ya, dulu Bapak sering mbungkusin buat dibawa pulang sehabis gajian,” ujar Pak Su suatu kali dengan nada persuasif. Dalam bayanganku sejenak, apa satenya itu model sate ayam yang kayak sate ambal dan berjajar-jajar di sepanjang emper pasar daerah Kutowinangun ya. Yang satenya pake pikulan. Ternyata tebakanku salah pemirsa. Setelah keesokan harinya membuktikan sendiri untuk datang ke TKP usai Senin pagi ribet ngurusin mutasi NPWP dari Purworejo ke Tangerang. Ya, kami baru bisa capcus ke sana sekitar jam-jam asyar, lebih tepatnya satu hari sebelum besokannya mudik balik ke arah Tangerang. Taste the water dulu lah. Bener ga nih Sate Pituruh rasanya wuinuuuk seperti yang digadang-gadang Pak Su sebagai sate yang rasanya ngangeni bin susah dilupakan itu. Mari kita lihat !

1561927327825 Continue reading

Depot Bakso dan Mie Ayam Mesra, Pak Maman Jangkung, Lor Teteg Sepur, Kutoarjo

“Kuah Baksonya Benar-Benar Mbedani, Cah !”

Lebaran hari kedua kemaren, lebih tepatnya selepas ngiter dari tempat saudara Pak Su, ga sengaja kami menemukan satu depot bakso enak di daerah Kutoarjo. Namanya Depot Bakso dan Mie Ayam Mesra, Pak Maman Jangkung yang berlokasi di Lor Teteg Sepur Kutoarjo. Posisinya di dekat resto Lokatara (yang menurut informasi dari google maps sudah tutup) dan Depot Es Coan. Depotnya ini kelihatan dari jalan MT Haryono setelah Toko Sukses, karena dia pasang tenda kuning yang bertuliskan nama baksonya.

Sesuai dengan namanya, sang pemilik yaitu Pak Maman memang bertubuh jangkung dan gampang dikenali. Beliau sendiri yang dengan lihai meracik adonan bakso hingga menghidangkannya ke dalam mangkok. Skillnya beneran teruji. Buktinya, rasa baksonya benar-benar mantab !

1561878435674

Continue reading