Category Archives: Tangerang

Soto Mang Sahrul, Tangerang (Depan Amsterdam Waterpark)

Gini hari enaknya ngomongin soto ye gaez…

Mmmmmmmm…..Soto…soto apa yang kalian suka? Secara, soto kan banyak tuh macemnya,…mostly (hampir semua) kota di Indonesia punya. Ada Soto Kudus, Soto Bogor, Soto Banjar, Soto Sokaraja, Soto Wong Solo, Soto Betawi, Soto Lamongan, de el el de es be. Nah, kebetulan di Tangerang sendiri–yang banyak aku temui adalah keberadaan Soto Tangkar. Mengintip laman wikipedia (buat ngartiin asal-usulnya), ternyata soto tangkar ini berasal dari Betawi. Karena jika ditilik dalam Bahasa Betawi pada masa Penjajahan Belanda, kata ‘tangkar’ sendiri memiliki makna salah satu bagian dari daging sapi yaitu iganya. Jadi karena pada masa kolonial silam para pekerja tiyang walandi baru sanggup mengudap bagian sapi yang berdaging seiprit (yaitu iga) serta jeroan yang merupakan sisa-sisa dari hidangan pesta para meneer yang full daging, maka dari situlah tercipta soto tangkar.

1522061145174

Continue reading Soto Mang Sahrul, Tangerang (Depan Amsterdam Waterpark)

Advertisements

Pecak Gabus Sumur Pacing Tangerang

Kalau ditanya lokasi kuliner di Tangerang yang sekiranya recomended, kadang aku mikir lama dulu, lalu ngebatin di mana aja ya? Soalnya, akupun masih pendatang baru, jadi baru tau spot-spotnya beberapa. Salah satunya adalah resto keluarga berbasis ikan-ikanan yaitu Pecak Gabus Sumur Pacing. Lokasinya ada di Jl. Aria Santika, Sumur Pacing, Karawaci, Kota Tangerang.

Resto ini kalau dari jalan gede gak gitu keliatan. Masuknya lebih ke arah jalan tikus. Jadi lumayan tersembunyi ya. Udah gitu dia juga ada gerbangnya dulu yang mana sebelum mencapai area pintu masuk, pengunjung terlebih dahulu harus melewati serangkaian tanah kosong yang kita-kira berukuran 1 hektar. Booookk luas banget ye kan ??? Yup lapangan ini emang sengaja dibiarkan apa adanya dimana beberapa ternak seperti ayam dan bebek dibiarkan bebas merumput untuk menciptakan nuansa pedesaan yang terkesan alami. Pokoknya serba hijau dan adem gitu karena banyak  rumpun bambu yang ditanam di situ selain juga terdengar suara gemericik air yang berasal dari kolam sebelum tangga atau undak-undakan menuju pintu masuk. Jadi, kayak kejutan gitu deh…dipikirnya dari luar kecil, ternyata setelah masuk ke dalem lapaaaaang banget.

1521871453571 Continue reading Pecak Gabus Sumur Pacing Tangerang

Warung Soto & Nasi Uduk Al Barkah Ibu Hj. Inta (Depan Masjid Jami Al Hikmah, Periuk Tangerang)

Malem-malem perut keroncongan, sapa yang mau tanggung jawab, cung? Pasti kagak ada yang ngacung Hahahaha….Ya laper ndiri ya ditanggung ndiri. Pinginnya sih ga usah riweuh pake masak segala karena uda rempong ngurus si kecil, jadi Pak Su bisa langsungcuzzz beli nasi uduk.

Nasi uduk malem-malem? Emang ada? Adaaa dong….di Tangerang mana ada sih yang ga ada? Hampir semuanya kayaknya ada deh. Lha wong tiap bulannya aja selalu ada yang dagang buah-buah langka padahal di tempat lain belum musimnya. Misal….ganti-gantian ada yang dagang pake pick up, mulai dari mangga, duku, sawo, durian, rambutan, de el el….e ini ngapa jadi ke buah-buahan sih? Haduuuh maapin ye pemirsa.

1521818596804

Continue reading Warung Soto & Nasi Uduk Al Barkah Ibu Hj. Inta (Depan Masjid Jami Al Hikmah, Periuk Tangerang)

Warung Nasi Bude, Tangerang (Dekat Samco Farma)

Sebenernya ini postingan lama *yakaliiik klo update blog selalu pake draft baru, gapernah kan ya….selalu dan selalu nimbun stok lama, ckckck*.

Jadi kira-kiranya waktu aku hamil gede di uk 38 week pada akhir 2017 kemaren. Bahkan bisa dibilang uda mau H-2 jelang lahiran wkwkwk. Jadi rasa-rasanya tu semakin malas masak karena bau dapur. Udahannya perut beser-beser mulu sehingga gw semakin mengandalkan warteg aja buat pendelegasian acara makan-makan. Seperti halnya siang itu. Setelah kelar cek en ricek dokter anestesi, perut rasanya luapaaaaar sangat. Aku dan Pak Su uda keburu telat makan karena ternyata nunggu dokter anestesinya lama. Yawdahlahya begitu beres kontrol, eke langsung inisiatip ngajakin makan warteg aja yang murah meriah. Sayang, kalo di saat-saat genting buat persiapan biaya lahiran, tabungan justru berkurang karena acara makan-makan yang muahal ahahahha. Akhirnya Pak Su mengatakan yes dan merekomendasikanku akan warteg dengan menu-menu enak yang loksinya deket ama salah satu proyeknya di area Samco Farma. Wowww ! Boleh banget tuh. Secara, eyke kan emang ditreatmentnya kudu makan sayur-sayuran, jangan ngejunk food terus. Bahayaaa ! Jadi ga pake pikir panjang cuzzzlah kami ke sana dengan segera karena rasa lapar ini uda ga bisa ditolerir lagi.

1521772444149

Continue reading Warung Nasi Bude, Tangerang (Dekat Samco Farma)

Review Noodle Kulture

Sabtu kemaren adalah kali ke-2 aku keluar dari persemayaman *diiih horror amat istilahnya yak* setelah lahiran. Deng engga deng. Ada beberapa kali ngemol tapi yang agak lamaan dikit itu ya kemaren. Yah, demi pemenuhan gizi busui bolehlah klo sekali-kali ngerefresh mata en kulineran setelah 4 bulan lamanya jarang hang out lagi wkwkkw… jadi selain karena ada keperluan beli sebuah barang elektronik yang dirahasiakan apa mereknya *sok misterius lo Mbul*, aku juga berhasil digiring Pak Su buat makan siang di satu tempat makan yang berada di lantai dasar Supermall Karawaci. Namanya Noodle Kulture. Sebenernya ke sini dalam rangka dadakan aja sih, karena perut udah saking lapernya. Makanya aku langsung menyanggupi untuk hayok aja begitu mentok dan ga ada ide lagi mau makan dimana setelah muter-muter sekian lamanya dan kaki lumayan gempor.

Klo diliat dari segi interior, tempatnya pewe juga sih soalnya areanya lumayan luas. Ada tipe korsi biasa ada juga yang tipe sofa. Lightingnya pas, krem semu-semi oranye jadi mengesankan suasana hangat. Uda gitu jarak antar korsinya juga lumayan jauhan jadi lebih privat aja klo mau futu-futu makanannya *so jaman enooow banget kan sebelom makan futu dulu hihi…Yes…it’s me.

1521708927734

Continue reading Review Noodle Kulture

Bebek Goreng H. Slamet

Bebek lagi dan bebek lagi. Rupanya aku memang pecinta bebek sejati #hahahazeggggh. Soalnya, kulit bebek itu tebel sih percis kayak lemak-lemak di tubuh ini #ngggg (?). Jadi aku merasa kayak ada hubungan batin gitu ama si bebek #ngggg_(?)_ jilid_2. Pokoknya bebek diapain aja, aku doyan !

Kali ini pencarianku jatuh pada satu kedai bebek yang uda cukup terkenal seantero jagad Indonesia, apalagi klo bukan Bebek Goreng H. Slamet yang selalu ramai itu. Kebetulan cabang yang kudatangi berlokasi di Jl. Daan Mogot No.37, Sukarasa, yang berada di pusat Kota Tangerang.

Baca juga : “Ayam Judes vs Bebek Banyumas”

1508766003541

Continue reading Bebek Goreng H. Slamet

Soto Kudus Waroeng Ratoe, Buaran Indah, Tangerang

 

Kupikir-pikir, soto kudus di bilangan Tangerang itu buanyak juga ya macemnya. Terlepas dari seringnya aku bolak-balik ke Soto Kudus rekomendasi Pak Su yang terletak di depan Mall Tang City, ternyata di kesempatan lainnya aku juga ga begitu kesulitan menemukan kedai soto kudus dengan merek berbeda. Contohnya ya yang berada di Jl. Kh. Hasyim Ashari No.76B, Buaran Indah, Cipondoh, Kota Tangerang. Aslinya, nemu kedai ini dalam keadaan ga sengaja yaitu pada saat kami bingung mau sarapan apa di hari Minggu yang sudah menuju penghabisan pagi itu. Soalnya suka kebiasaan sih begadangin film buat nemenin Pak Su pas malam minggunya, jadi otomatis kami jadi suka kesiangan deh keesokan harinya #alesyan wkwk.

1508766550833

Continue reading Soto Kudus Waroeng Ratoe, Buaran Indah, Tangerang