Oseng Mercon Ibu Menik, Jatiuwung, Tangerang

Referensi kuliner Pak Suami jauh lebih kaya daripada aku. Makanya yang sering inisiatif ngajakin makan di luar ya blio ini. Maksudnya makan di luar dengan format tujuan yang lebih jelas. Ga kayak aku yang cuma ngomong “Hayuk makan di luar!”, tapi pas ditanya mau makan dimana bengongnya sejam sendiri karena saking ga ada gambaran makan dimana, hag hag hag.

1531212166558

Continue reading

Advertisements

Resep Lenthis Pisang/ Kopyor Pisang

Klo dipikir-pikir ibuku itu mirip ibunya Atasinchi loh. Itu loh kartun di RCTI yang suka diputer jam 8 pagi waktu tahun 90an dan tayangnya sebelum Hamtaro. Bukan karena suka nyanyi yang liriknya begini : “Mawar merah…penuh gairah…” Tapi karena prinsipnya yang penuh dengan semangat anti mubazir. Ya gimana engga, semua yang uda numpuk di dalem kulkas hampir expired, langsung sesegera mungkin direcycle wkkwkw. Termasuknya kueh. Soalnya klo di kampung halaman, besekan kenduri jaman sekarang kan bentuknya bolu-bolu tuh. Ga kayak besekan kenduri jaman dulu yang isinya nasi, sayur mateng plus lauk-pauknya. Padahal klo kataku sih enakan yang model besekan jadoel gitu, menunya variatif ketimbang bolu-boluan kek jaman sekarang. Maklumlah, kami emang ga gitu terbiasa makan roti, jadi seringnya hampir turah-turah tuh klo dapet besekan roti.

1530961387176

Continue reading

Sate Bebek Bu Tuti, Tambak

Siang itu, perjalanan mudik balik udah mencapai hampir seperempat jalan. Setelah ngaso di Rest Area Rowokele karena diriku mabok (sambil sekalian sholat dzuhur sih), kami pun melanjutkan perjalanan sampai ke titik point Tambak, Banyumas. Kebetulan suasana kala itu sedikit mendung, sehingga kami enjoy aja meski melenggang kangkung dengan membawa beby berusia 7 bulan yang dengan santaynya bubuk-bubuk manjaaaa di dalam carseat. Cuma karena sejak pagi kami baru sarapan yang ala kadarnya ditambah juga agak terburu-buru, maka siang itu–kira-kira setelah matahari berada di atas kepala–rasanya perut udah mulai nyanyi (lagi). Pak Suami sih yang ngidam pingin mandeg bentar ke sate bebek Tambak. Ngidamnya bener-bener yang pengen banget. Jadi uda diutarain jauh-jauh hari sebelom mudik. Katanya sih pengen nyobain sate yang lain dari biasanya. Penasaran sama¬† penampakan aslinya kayak apa. Jadi beliau bersikeras googling kira-kira sate bebek mana yang paling enak klo diliat dari review warganet.

1530664977766

Continue reading

Nyobain Ayam Goreng Suharti Kutoarjo

Jaman aku kecil, perasaan seriiiiiing banget aku ngliwatin salah satu resto ayam yang cukup terkenal seantero nusantara, apalagi klo bukan Ayam Suharti.Yang aku maksud di sini adalah Ayam Suharti cabang Kutoarjo ya. Sayangnya waktu itu, klo liwat ya cuma sekedar gigit jari aja. Karena aku pikir restonya cukup ningrati ya, jadi ga sesuai lah ama dompet kami yang pas-pasan di era tahun 90-an akhir itu. Jadi istilahnya cuma bisa memandang dan tak bisa memiliki mencicipi, hadududududuuuuh…sawwry klo lebe. Tapi emang iya sih kenyataannya. Blom lagi keluarga kami yang emang saklek jarang jajan di luar karena untuk makan sehari-hari aja uda syukur alhamdulilah–ngepas budget. Pokoknya makan ya yang ada di rumah aja alias masakan ibu. Sesuai banget lah ama gambar ilustrasi di buku-buku gizi jaman sekulah yang mana semua berasal dari jerih payah ibu dalam hal mengoprek dapur. Masih inget banget tuh sama lauk yang sering tersaji di meja, klo ga tempe ya tahu. Ndina-ndina pesti tempe-tahu-tempe-tahu. Ayam mah boro-boro, telor dadar ama ceplok aja jarang. Paling juga beberapa minggu sekali dan itu pun uda mewah banger anjiiir. Jadi, klo aku boncengan motor sama bapak dan kebetulan liat plangnya Ayam Suharti yang lejen itu (dengan ciri khas foto Ibu Suharti yang berkebaya dan bersanggul klasik), aku pun cuma bisa membatin, kapaaaan ya aku bisa ngicipin ayam kampung goreng yang kata orang wuenaaaaak itu.

1530542990956

Continue reading

Review Hotel Grand Dian Slawi, Tegal

Mudik kemarin aku dan Pak Suami memutuskan untuk nggak terlalu ngoyo kudu cepet sampai rumah. Hal ini dikarenakan adanya keberadaan beby yang untuk pertama kalinya bakal launching di kampung halaman ikut. Soalnya Lebaran sebelumnya kan dia masih uget-uget manja di dalam perut ya, jadilah pengalaman mudik kali ini terasa lebih rempong walau secara garis besar teteup asyik-asyik aja. Iyalah bapake serasa ngayah-ayahi 3 bayi di dalem mobil (1 bayi yang laen termasuknya aku, uh lalaaaaa…hahai).

1530517926585

Continue reading

Mie Ayam Pak Paiman, Pasar Kutoarjo

Wagelaseeeeeh, uda lama banget blognya dianggurin !!! Terus dateng-dateng bawa update-an tentang mie ! Mintak ditabok ga seeeh? Hihihi…salim-salim dulu ah sebelom pamer futu-futunya. Ya abis gimana ya… Tang-mentang baru mudik, eke ga bisa gitu aja dunk main kaboor ga ngisi updatean terbaru. Sapa tau ada yang menanti-nantikan cerita perut admin gembul nan sexy inih haiiiish. Jadi, kali ini aku mau ngrekomendasiin tempat makan enak waktu Lebaran kemaren, karena eh karena diri ini terlalu mblenger dengan menu berbasis santen yang yu know la ya apa itu opor–plis aku udah bocen anet hiks sama yang namanya opor, jadilah waktu menyambangi Pasar Kutoarjo–yang mana hanya berjarak beberapa kilo saja dari rumah bumer, kuputuskanlah buat ngemie aja. Iya ngemie-ayam.

1530254591427

Continue reading

Soto Mang Sahrul, Tangerang (Depan Amsterdam Waterpark)

Gini hari enaknya ngomongin soto ye gaez…

Mmmmmmmm…..Soto…soto apa yang kalian suka? Secara, soto kan banyak tuh macemnya,…mostly (hampir semua) kota di Indonesia punya. Ada Soto Kudus, Soto Bogor, Soto Banjar, Soto Sokaraja, Soto Wong Solo, Soto Betawi, Soto Lamongan, de el el de es be. Nah, kebetulan di Tangerang sendiri–yang banyak aku temui adalah keberadaan Soto Tangkar. Mengintip laman wikipedia (buat ngartiin asal-usulnya), ternyata soto tangkar ini berasal dari Betawi. Karena jika ditilik dalam Bahasa Betawi pada masa Penjajahan Belanda, kata ‘tangkar’ sendiri memiliki makna salah satu bagian dari daging sapi yaitu iganya. Jadi karena pada masa kolonial silam para pekerja tiyang walandi baru sanggup mengudap bagian sapi yang berdaging seiprit (yaitu iga) serta jeroan yang merupakan sisa-sisa dari hidangan pesta para meneer yang full daging, maka dari situlah tercipta soto tangkar.

1522061145174

Continue reading